Maksimalkan Performa Hard Disk dengan Disk Cleanup

Disk Cleanup

Jika hard disk hampir penuh, kinerja komputer dapat terganggu. Terutama jika partisi yang hampir penuh tersebut adalah partisi untuk sistem Windows (drive C:\). 
Untuk drive selain C:\, maka hanya berpengaruh jika drive tersebut diakses. Misalnya ada file dari dalam drive yang dibuka/dijalankan. Untuk mengatasi hard disk yang sudah penuh, Anda harus meng-
hapus file-file yang sudah tidak diperlukan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan hard disk, antara lain:

  • Menghapus file secara manual. Triknya adalah menghapus file dengan ciri-ciri: berukuran relatif besar, tidak penting, dan jarang dibuka.
  • Menghapus file-file sistem Windows yang sudah tidak diperlukan lagi. Caranya adalah menggunakan tool disk cleanup yang merupakan bawaan dari Windows 7. 

Anda juga dapat menggunakan aplikasi freeware seperti ccleaner. CCleaner dapat diunduh (download) dari situs http://www.ccleaner.com/download


Untuk menjalankan Disk cleanup, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Klik kanan pada drive yang dibersihkan, misalnya drive C:\   Pilih menu Properties


2. Pada tab General, klik tombol Disk Cleanup.

3. Jika muncul kotak dialog, tunggu beberapa saat.




4. Pilih file apa saja yang akan dihapus. Caranya, klik nama pada daftar Files to Delete hingga  tercentang. Klik tombol OK.

5. Jika muncul kotak dialog konfirmasi, klik tombol Delete Files untuk membersihkan hard disk. Namun, jika ingin dibatalkan, klik tombol Cancel.

6. Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan hard disk selesai.

7. Pada contoh ini, saya berhasil mengosongkan hard disk lebih dari 4,5 GB

Previous
Next Post »